Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Capaian Pembelajaran Lulusan merupakan kesatuan kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian mahasiswa dari hasil pembelajarannya pada akhir program pendidikan tinggi yang dirumuskan mengacu pada deskriptor KKNI sesuai dengan jenjangnya. Berdasarkan Permendikbud Ristek Nomor 53 Tahun 2023 Pasal 7 – 9, rumusan CPL harus merujuk pada jenjang kualifikasi KKNI dan sesuai dengan 4 butir cakupan kompetensi yakni: 1) Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kecakapan/keterampilan spesifik dan aplikasinya untuk 1 (satu) atau sekumpulan bidang keilmuan tertentu; 2) Kecakapan umum yang dibutuhkan sebagai dasar untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang kerja yang relevan; 3) Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk dunia kerja dan/atau melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi ataupun untuk mendapatkan sertifikat profesi; dan 4) Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat. Berikut merupakan CPL Program Studi MP:

Kode CPL

Kemampuan (behavior/coginitive process)

Bahan Kajian (subject matters)

Konteks (context)

Rumusan CPL Prodi

CPL 1

Mampu menerapkan nilai-nilai keagamaan dan Pancasila sebagai landasan bersikap dan bertindak dalam kehidupan pribadi, sosial, dan kebangsaan sehingga tercermin dalam pengambilan keputusan dan perilaku sehari-hari yang menjunjung kejujuran, tanggung jawab, dan integritas

     Pendidikan Agama

     Pancasila

seluruh bahan kajian di prodi MP

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan berperan aktif dalam pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan agama. (sikap)

CPL 2

Memiliki sikap yang lebih bijak, terbuka, dan profesional dalam menghadapi keragaman baik.

     Pendidikan Agama

     Pancasila

Kegiatan belajar di dalam kelas,

Menunjukkan sikap bertanggung jawab, inklusif, dan adaptif dalam berinteraksi dengan berbagai kelompok, serta menghargai keragaman budaya, agama, dan pandangan, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.(sikap)

CPL 3

Mampu mengintegrasikan ilmu manajemen pendidikan dimulai dari perencanaan, pengelolaan lembaga pendidikan dan SDM, kepemimpinan, pengawasan pada lembaga pendidikan

Kajian inti manajemen pendidikan

 

Kegiatan belajar di dalam kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah

Menguasai teori, dan praktik manajemen pendidikan, termasuk perencanaan strategis, tata kelola lembaga pendidikan, kepemimpinan, supervisi, serta pengelolaan sumber daya pendidikan (SDM, keuangan, sarana-prasarana) untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem Pendidikan (Pengetahuan)

CPL 4

Memiliki keterampilan dalam memahami keilmuan manajemen pendidikan sesuai dengan perkembangan regulasi

Mutu & Inovasi Pendidikan

Kegiatan belajar di dalam kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah

 

Mampu Menganalisis kebijakan pendidikan nasional serta standar mutu pendidikan, evaluasi, dan akreditasi lembaga pendidikan guna menjamin peningkatan kualitas layanan pendidikan sesuai regulasi dan perkembangan global (Pengetahuan)

 

 

CPL 5

Terampil dalam melakukan penelitian pada bidang kajian manajemen pendidikan

     Penelitian bidang manajemen pendidikan

     Kajian Inti Manajemen Pendidikan

Kegiatan belajar di dalam kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah

 

Mampu Menerapkan metodologi penelitian dan pengembangan manajemen pendidikan (Keterampilan umum)

CPL 6

Mampu menganalisis dan berinovasi dalam pengelolaan lembaga pendidikan

     Mutu & Inovasi Pendidikan

     Kajian Inti Manajemen Pendidikan

Kegiatan belajar di dalam kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah

 

Mampu berpikir kritis, sistematis, inovatif dalam menyelesaikan permasalahan manajerial pendidikan berbasis data empiris dalam pengelolaan pendidikan dengan mempertimbangkan aspek regulasi, sosial, ekonomi, dan keberlanjutan (keterampilan umum)

CPL 7

Memiliki keterampilan public speaking yang bagus dan memiliki kemampuan pengelolaan pendidikan dengan memanfaatkan teknologi.

Komunikasi, kepemimpinan dan kerjasama Pendidikan

Kegiatan belajar di dalam kelas, kegiatan luar kelas dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah

 

Mampu berkomunikasi secara efektif dalam konteks akademik dan profesional, serta mampu berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan pendidikan, dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan Pendidikan (keterampilan umum)

CPL 8

memiliki keterampilan khusus terkait tata kelola pendidikan berbasis data dan bukti empiris.

     Evaluasi program pendidikan

Kegiatan belajar di dalam kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah

 

Mampu merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kebijakan serta program pendidikan berbasis data empiris guna meningkatkan efektivitas tata kelola lembaga Pendidikan (keterampilan khusus)

CPL 9

Memiliki kemampuan dalam merancang lembaga pendidikan dan memiliki kemampuan dalam memimpin lembaga pendidikan yang dapat meningkatkan mutu dan daya saing.

     Kajian Inti Manajemen Pendidikan

     Mutu & Inovasi Pendidikan

 

Kegiatan belajar di dalam kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah

 

Mampu merancang pengelolaan sumber daya pendidikan (SDM, keuangan, sarana-prasarana) secara efektif, efisien, dan berkelanjutan (keterampilan khusus)

CPL 10

Terampil dalam merancang model pembelajaran serta memiliki kemampuan berwirausaha  yang memanfaatkan teknologi serta mampu menghasilkan produk penelitian yang sesuai dengan perkembangan teori manajemen pendidikan

     Perencanaan dan pengembangan Pendidikan

     Perencanaan, pengambangan dan penerapan model-model pembelajaran

     Penelitian bidang manajemen pendidikan

Kegiatan belajar di dalam kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah

 

Mampu merancang dan menerapkan model-model pembelajaran (keterampilan khusus)