Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Capaian Pembelajaran Lulusan merupakan kesatuan kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang menunjukkan capaian mahasiswa dari hasil pembelajarannya pada akhir program pendidikan tinggi yang dirumuskan mengacu pada deskriptor KKNI sesuai dengan jenjangnya. Berdasarkan Permendikbud Ristek Nomor 53 Tahun 2023 Pasal 7 – 9, rumusan CPL harus merujuk pada jenjang kualifikasi KKNI dan sesuai dengan 4 butir cakupan kompetensi yakni: 1) Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, kecakapan/keterampilan spesifik dan aplikasinya untuk 1 (satu) atau sekumpulan bidang keilmuan tertentu; 2) Kecakapan umum yang dibutuhkan sebagai dasar untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang kerja yang relevan; 3) Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk dunia kerja dan/atau melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi ataupun untuk mendapatkan sertifikat profesi; dan 4) Kemampuan intelektual untuk berpikir secara mandiri dan kritis sebagai pembelajar sepanjang hayat. Berikut merupakan CPL Program Studi MP:
Kode CPL |
Kemampuan (behavior/coginitive process) |
Bahan Kajian (subject matters) |
Konteks (context) |
Rumusan CPL Prodi |
CPL
1 |
Mampu
menerapkan nilai-nilai keagamaan dan Pancasila sebagai landasan bersikap dan
bertindak dalam kehidupan pribadi, sosial, dan kebangsaan sehingga tercermin
dalam pengambilan keputusan dan perilaku sehari-hari yang menjunjung
kejujuran, tanggung jawab, dan integritas |
● Pendidikan
Agama ● Pancasila |
seluruh bahan kajian di
prodi MP |
Bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, dan berperan aktif dalam
pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara berdasarkan nilai-nilai Pancasila
dan agama. (sikap) |
CPL
2 |
Memiliki sikap yang lebih
bijak, terbuka, dan profesional dalam menghadapi keragaman baik. |
● Pendidikan
Agama ● Pancasila |
Kegiatan belajar di dalam
kelas, |
Menunjukkan sikap
bertanggung jawab, inklusif, dan adaptif dalam berinteraksi dengan berbagai
kelompok, serta menghargai keragaman budaya, agama, dan pandangan, baik dalam
kehidupan pribadi maupun profesional.(sikap) |
CPL
3 |
Mampu mengintegrasikan
ilmu manajemen pendidikan dimulai dari perencanaan, pengelolaan lembaga
pendidikan dan SDM, kepemimpinan, pengawasan pada lembaga pendidikan |
Kajian inti manajemen
pendidikan |
Kegiatan belajar di dalam
kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah |
Menguasai teori, dan
praktik manajemen pendidikan, termasuk perencanaan strategis, tata kelola
lembaga pendidikan, kepemimpinan, supervisi, serta pengelolaan sumber daya
pendidikan (SDM, keuangan, sarana-prasarana) untuk meningkatkan efektivitas
dan efisiensi sistem Pendidikan (Pengetahuan) |
CPL
4 |
Memiliki keterampilan
dalam memahami keilmuan manajemen pendidikan sesuai dengan perkembangan
regulasi |
Mutu & Inovasi
Pendidikan |
Kegiatan belajar di dalam
kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah
|
Mampu Menganalisis
kebijakan pendidikan nasional serta standar mutu pendidikan, evaluasi, dan
akreditasi lembaga pendidikan guna menjamin peningkatan kualitas layanan
pendidikan sesuai regulasi dan perkembangan global (Pengetahuan)
|
CPL
5 |
Terampil dalam melakukan
penelitian pada bidang kajian manajemen pendidikan |
● Penelitian
bidang manajemen pendidikan ● Kajian
Inti Manajemen Pendidikan |
Kegiatan belajar di dalam
kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah
|
Mampu Menerapkan
metodologi penelitian dan pengembangan manajemen pendidikan (Keterampilan
umum) |
CPL
6 |
Mampu menganalisis dan
berinovasi dalam pengelolaan lembaga pendidikan |
● Mutu
& Inovasi Pendidikan ● Kajian
Inti Manajemen Pendidikan |
Kegiatan belajar di dalam
kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah
|
Mampu berpikir kritis,
sistematis, inovatif dalam menyelesaikan permasalahan manajerial pendidikan
berbasis data empiris dalam pengelolaan pendidikan dengan mempertimbangkan
aspek regulasi, sosial, ekonomi, dan keberlanjutan (keterampilan umum) |
CPL
7 |
Memiliki keterampilan
public speaking yang bagus dan memiliki kemampuan pengelolaan pendidikan
dengan memanfaatkan teknologi. |
Komunikasi, kepemimpinan
dan kerjasama Pendidikan |
Kegiatan belajar di dalam
kelas, kegiatan luar kelas dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah
|
Mampu berkomunikasi
secara efektif dalam konteks akademik dan profesional, serta mampu
berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan pendidikan, dengan
memanfaatkan teknologi informasi dalam pengelolaan Pendidikan (keterampilan
umum) |
CPL
8 |
memiliki keterampilan
khusus terkait tata kelola pendidikan berbasis data dan bukti empiris. |
● Evaluasi
program pendidikan |
Kegiatan belajar di dalam
kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah
|
Mampu merancang,
mengimplementasikan, dan mengevaluasi kebijakan serta program pendidikan
berbasis data empiris guna meningkatkan efektivitas tata kelola lembaga
Pendidikan (keterampilan khusus) |
CPL
9 |
Memiliki kemampuan dalam
merancang lembaga pendidikan dan memiliki kemampuan dalam memimpin lembaga pendidikan
yang dapat meningkatkan mutu dan daya saing. |
● Kajian
Inti Manajemen Pendidikan ● Mutu
& Inovasi Pendidikan
|
Kegiatan belajar di dalam
kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah
|
Mampu merancang pengelolaan sumber daya pendidikan (SDM, keuangan,
sarana-prasarana) secara efektif, efisien, dan berkelanjutan (keterampilan
khusus) |
CPL
10 |
Terampil dalam merancang
model pembelajaran serta memiliki kemampuan berwirausaha yang memanfaatkan teknologi serta mampu
menghasilkan produk penelitian yang sesuai dengan perkembangan teori
manajemen pendidikan |
● Perencanaan
dan pengembangan Pendidikan ● Perencanaan,
pengambangan dan penerapan model-model pembelajaran ● Penelitian
bidang manajemen pendidikan |
Kegiatan belajar di dalam
kelas, dan praktik lapangan ke sekolah/madrasah
|
Mampu merancang dan
menerapkan model-model pembelajaran (keterampilan khusus) |